Jumat, 11 Januari 2013

gita wirjawan dukung BBM naik tahun ini


- Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengaku impor BBM 2012 memicu defisit neraca perdagangan migas US$ 4,8 miliar. Hal tersebut bisa saja terjadi di 2013 kalau harga minyak dunia dan konsumsi BBM terus merangkak naik di 2013.

Gita sangat setuju terhadap rencana kenaikan harga BBM subsidi seperti premium CS karena bisa mengerem laju defisit bahkan berubah menjadi surplus neraca perdangan migas.

"Kalau harga dinaikkan (BBM), itu sangat menolong meningkatkan surplus neraca perdagangan," tutur Gita di JW Mariot Jakarta Selatan, Jumat (11/1/2013).

Defisit neraca perdangan sektor migas bertolak belakang dengan neraca perdagangan non migas yang surplus US$ 3,5 miliar. "Tahun lalu membawakan defisit (migas) US$ 4,8 miliar. Yang semestinya nggak pernah kejadian karena konsumsi dan harga di awal tahun yang cukup tinggi," tambahnya.

Pada tahun 2013, pemerintah akan menggenjot perdagangan non migas ke negara-negara Afrika, Timur Tengah dan Amerika Latin untuk menolong neraca perdagangan. "Kita sudah penetrasi ke pasar tradisional termasuk Afrika, Timteng, Amerika latin, dan ini sudah mulai kelihatan, sangat menjanjikan," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar