Jumat, 11 Januari 2013

jokowi targetkan tiang pancang monorel DKI dibangun bulan ini


- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menargetkan proyek monorel DKI Jakarta bisa kembali mulai dibangun bulan ini. PT Jakarta Monorail telah ditunjuk untuk 'membangkitkan' proyek monorel yang lama terbengkalai.

"Januari semuanya. Kalau legal semua sudah beres ya ngapain lama-lama. Saya ini yang mundur-mundur kan legalnya nggak rampung-rampung," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Jumat (11/1/2013).

Dikatakan Jokowi, Jakarta Monorail sudah siap untuk membayar tiang-tiang monorel milik PT Adhi Karya Tbk yang terbengkalai senilai Rp 120 miliar. Jadi, persoalan pembangunan monorel ini tinggal menunggu aturan legalnya saja.

Untuk monorel ini, Jokowi mengatakan bakal dilakukan public hearing sehingga bisa didapatkan masukan dari masyarakat terkait pembangunan monorel dan juga soal harga tiket yang diinginkan seperti apa.

Sebelumnya Juru Bicara Jakarta Monorail Bovanantoo mengatakan pihaknya membutuhkan dana sekitar Rp 7 triliun untuk pembangunan monorel di Jakarta. Dana tersebut digunakan untuk pengembangan rute monorel yaitu green line (jalur hijau) dan blue line (jalur biru).

Pihak Jakarta Monorail bakal menggandeng Hadji Kalla Group untuk pembangunan monorail DKI tersebut.

Skema pembiayaan ini menurut Bovanantoo tak jauh beda dengan skema pembiayaan monorel yang lama yakni sebagian besar akan tetap dibiayai oleh perbankan. "Pendanaan dari equity dan loan, dari konsorsium dan 70% pinjaman bank," sebutnya.

Selain itu, Jakarta Monorail siap memembayar tiang-tiang monorel milik Adhi Karya yang terbengkalai senilai Rp 120 miliar setelah konsorsium baru terbentuk. "Full Jakarta Monorail yang bayar dan kita langsung bayar," tambahnya.

Sebelumnya Sekretaris Perusahaan Adhi Karya, Amrozi Hamidi, menegaskan kalau pihaknya tak keberatan, Jakarta Monorail menggunakan tiang-tiang monorel milik ADHI yang telah lama mangkrak asalkan dibayar sesuai ketentuan.

"Tiang monorel yang sudah dipancang tinggal dibayar diapreasiasi saja, semua di bawah koordinasi pemprov sekitar Rp 120 miliar" tambahnya.

Amrozi mengatakan, pihaknya belum mundur dari proyek monorel DKI. Konsep monorel versi Adhi Karya dan Jakarta Monorail berbeda. Adhi Karya tetap menawarkan konsep monorel DKI Jakarta dengan rute jalur Timur yakni dari Bekasi Timur ke Cawang dan Cibubur ke Cawang kemudian dilanjutkan menuju tengah kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar