Senin, 19 November 2012

Mahasiswa ITM ciptakan inovasi iptek

Rektor Institut Teknologi Medan (ITM) Prof Dr Ilmi Abdullah MSc memberikan apresiasi yang tinggi terhadap mahasiswanya yang memiliki andil dalam menciptakan inovasi ilmu dan pengetahuan (Iptek) dalam upaya meningkatkan sumberdaya manusia berkualitas.
Rektor ITM Prof Ilmi Abdullah disela-sela pembukaan kegiatan gelar Iptek Sumut 2012 di Pendopo USU kemarin mengatakan, mahasiswanya saat ini sedang giat-giatnya untuk diransang menghasilkan karya inovasi dan penemuan teknologi terkini yang dapat digunakan untuk kebutuhan masyarakat.
Oleh karenanya, paradigma baru perguruan tinggi dinyatakan, setiap hasil dan kinerja perguruan tinggi selalu mengacu pada kualitas berkelanjutan. Kebutuhan akan lulusan yang berkualitas tinggi menjadi lebih dibutuhkan karena kompetisi yang semakin ketat.
Untuk itu lulusan harus disiapkan tidak hanya memenuhi persyaratan kerja, tetapi juga untuk mempersiapkan lulusan supaya mampu berfungsi sebagai agen pembangunan industri dan mampu bersaing dalam persaingan internasional.
Tahun 2011, jurusan teknik mesin ITM giat mengembangkan sumber-sumber energi alternatif yang berpotensi di Sumatera Utara yang merupakan salah satu kebijakan pemerintah tertuang dalam Peraturan Presiden RI No 5 Tahun 2006 tentang kebijakan energi nasional untuk mengembangkan sumber energi alternatif sebagai pengganti bahan bakar minyak.
Kegiatan gelar Iptek Sumut 2012 sejalan dengan dengan misi ITM untuk mengembangkan Iptek melalui proses pendidikan, penelitian dan kerjasama dunia usaha dan lembaga pendidikan tinggi lainnya serta pemberdayaan sumber daya alam menjadi sumber energi sebagai pengabdian kepada masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat yang berkesinambungan.
Untuk itu, tujuan misi ITM itu kedepan adalah mempersiapkan mahasiswanya untuk mandiri berdasarkan ilmu pengetahuan, minat, bakat, penalaran dan keterampilan yang diperolehnya selama proses pembelajaran.
Menurutnya, peran akademisi, bisnis dan pemerintah sangat diperlukan untuk mendukung program pembangunan ekonomi nasional. Perlu dilakukan inovasi-inovasi baru yang mendukung pembangunan daerah, sehingga Sumut dapat berdiri diatas kekuatan sendiri, terutama di era globalisasi ini.
Momentum Hari Riset dan Teknologi yang dicanangkan oleh Presiden SBY yang mengajak masyarakat untuk berfikir dan berkarya besar akan menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar menuju kejayaan perlu direspon dan disahuti lembaga pendidikan.
Seperti ITM yang terus menghasilkan lulusan berkualitas di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan industri. ”Kegiatan riset bidang Iptek, diharapkan dapat menghasilkan teknologi yang bermanfaat bagi pembangunan ekonomi negara,”  ujarnya.(aje)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar