Selasa, 11 Desember 2012

Shah Rukh Khan, Aktor dengan Lima Ekspresi

Perjuangan Shah Rukh Khan, superstar Bollywood, untuk merengkuh impiannya melalui perjalanan berliku-liku. Shah Rukh pernah memainkan peran kecil sebagai gay di film pertamanya. Pada awal kariernya, Shah Rukh memang kurang beruntung. Dia hanya menjadi pilihan kedua atau ketiga, atau main peran-peran kecil di sekitar pemeran utama.

Adalah Barry John, orang yang menemukan bakat Shah Rukh di bidang film. Anupama Chopra, dalam bukunya Shah Rukh Khan, The King of Bollywood mengisahkan pertemuan Barry John dengan Shah Rukh. Anupama menulis, pada musim panas 1985, Shah Rukh sedang menghadiri suatu pesta di kawasan Delhi's Saket. Ia langsung menjadi pusat perhatian. Shah Rukh menari breakdance di bawah sorotan lampu disko.

Tarian Shah Rukh mencuri perhatian Barry John, pria Inggris pendiri dan sutradara Theater Action Group (TAG). Barry kemudian menjadi guru akting Shah Rukh yang pertama dan satu-satunya. "Kamu seharusnya main film," begitu Barry berkata.

Teater ini menampilkan adaptasi drama Shakespeare dan cerita anak-anak. Namun ada senioritas dan junioritas. Para anggota senior TAG kerap berpesta di Bally High dan bergaya hidup mewah. Lain halnya dengan Shah Rukh yang tinggal di daerah pinggiran New Delhi, di kawasan Gautam Nagar yang padat dan berada di gang sempit. Tapi ini tak membuat Shah Rukh mundur dan minder.

Shah Rukh bergabung dengan Theater Action Group selama lima tahun. Barry menempa kemampuan akting Shah Rukh dengan bengkel teaternya. Ia membebaskan anggota teater tersebut untuk menginterpretasikan perannya. Di teater itu, Barry tidak memberinya peran serius atau kuat. Ia menyodorkan peran-peran yang lucu, berubah-ubah, dan ringan. Kemudian Shah Rukh pindah ke Mumbai pada 1990-an dan menjajal film-film Hindi. Hubungannya dengan Barry terus berlanjut.

Meski awalnya mendapat peran-peran kecil, Shah Rukh memiliki kepercayaan diri yang besar. Ia yakin dengan kariernya di dunia film. Ketika telah tenar, Shah Rukh pernah berkata kepada wartawan tentang kunci kesuksesannya: sebagai aktor, Shah Rukh memiliki hanya lima ekspresi, tapi dia berhasil karena para saingannya hanya memiliki dua ekspresi.

"Aku selalu bermain sebagai Shah Rukh Khan yang memainkan peranan. Tak pernah peran yang dilakukan Shah Rukh," kata Shah Rukh, yang dimuat dalam buku Shah Rukh Khan, The King of Bollywood.

NIEKE INDRIETTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar