Senin, 21 Januari 2013

Agus Marto Siapkan Rp 2 Triliun untuk Cegah Banjir Jakarta

Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan dana hingga Rp 2 triliun untuk proyek-proyek penanganan atau pencegahan banjir DKI Jakarta. Dana tersebut akan dicairkan dan disiapkan selama 2 tahun mulai 2013.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo di Gedung DPR Senayan Jakarta, Senin (21/1/2013).

"Jadi kira-kira dana Rp 2 triliun, kita lakukan di 2 tahun," tutur Agus Marto.

Dana itu diantaranya akan diperuntukan untuk membangun sodetan dari Kali Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT) senilai Rp 500 miliar.

Selain itu, akan diperuntukan untuk revitalisasi Sungai Ciliwung serta pembelian sarana prasarana mandi cuci kakus (MCK) mobile untuk keperluan pengungsian dan pembelian pompa air raksasa untuk pencegahan banjir.

"Di pertemuan (kemaren dengan menteri terkait dan DPR komisi V) dibicarakan tentang bagaimana normalisasi DAS (Daerah Aliran Sungai) Angke, Pesanggrahan, Sunter. Itu dari pemda DKI melakukan pembebasan tanah dari penduduk nanti dibangun pemerintah pusat," tambahnya.

Dana tersebut, bisa diambil dari pos anggaran yang telah ada di Kementerian teknis atau alternatifnya dimaksukkan ke dalam APBNP 2013.
Namun mantan bos Bank Mandiri ini, menegaskan anggaran untuk proyek penanganan banjir DKI tersebut tidak bisa diambil dari pos anggaran energi 2013 yang sebesar Rp 274,7 triliun.

"Nggak, kita khawatir subsidi energi malah kurang. Khawatir perlu lebih banyak,"pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar